Selasa, 28 Desember 2010

AYO BERKOPERASI

AYO BERKOPERASI
Sebelum mengajak orang untuk berkoperasi tentu kita harus bisa untuk mensosialisakan koperasi ,Apa itu koperasi? Keuntungan dari koperasi?Kenapa harus berkoperasi? .Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum yang berlandaskan pada asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Kegiatan usaha koperasi merupakan penjabaran dari UUD 1945 pasal 33 ayat (1).Sebagai salah satu pelaku ekonomi, koperasi merupakan organisasi ekonomi yang berusaha menggerakkan potensi sumber daya ekonomi demi memajukan kesejahteraan anggota. Karena sumber daya ekonomi tersebut terbatas, dan dalam mengembangkan koperasi harus mengutamakan kepentingan anggota, maka koperasi harus mampu bekerja seefisien mungkin dan mengikuti prinsip prinsip koperasi dan kaidah-kaidah ekonomi .

Saat ini koperasi belum terlalu merasuk dalam masyarakat ,padahal koperasi itu banyak meliputi bidang –bidang usaha untuk masyarakat,contohnya:

1. Koperasi Konsumsi.Koperasi konsumsi bergerak di bidang pemenuhan barang-barang kebutuhan sehari-hari bagi anggotanya.
2. Koperasi Produksi.Koperasi produksi melakukan kegiatan di bidang pembuatan barang.
Contoh koperasi produsen antara lain adalah koperasi kerajinan kecil,koperasi perkebunan ,koperasi peternakan.
3. Koperasi Simpan Pinjam(KSP).KSP bergerak di bidang simpan pinjam.Contoh KSP antara lain adalah KSP beranggotakan petani ,KSP beranggotakan nelayan.KSP beranggotakan karyawan.
4. Koperasi Jasa .Koperasi jasa bergerak di bidang pelayanan jasa .Contoh koperasi jasa antara lain adalah koperasi usaha jasa angkutan,koperasi usaha foto kopi.



5. Koperasi Pemasaran.Koperasi pemasaran beranggotakan orang-orang dengan profesi di bidang pemasaran barang dagang .Sebagai contoh,koperasi pemasaran ternak sapi beranggotakan pedagang sapi,koperasi pemasaran elektronik beranggotakan pedagang elektronik dan koperasi pemasaran alat-alat tulis kantor beranggotakan pedagang alat tulis kantor.

6. Koperasi Serba Usaha.Koperasi serba usaha memiliki usaha bermacam –macam,baik di bidang konsumsi,produksi ,simpan pinjam,maupun jasa.

Banyak sekali bidang –bidang di dalam koperasi tentu itu sebuah dorongan bagi kita untuk
berperan serta di dalam koperasi ,tanpa melihat data-data dari sini saja kita bisa lihat prospek ke depan bila kita berkoperasi .Setelah melihat bidang-bidang dalam koperasi kita lihat keuntungan atau manfaat koperasi
Manfaat Koperasi di Bidang Ekonomi
Berikut ini beberapa manfaat koperasi di bidang ekonomi.
A) Meningkatkan penghasilan anggota-anggotanya. Sisa hasil usaha yang diperoleh koperasi dibagikan kembali kepada para anggotanya sesuai dengan jasa dan aktivitasnya.
B) Menawarkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah. Barang dan jasa yang ditawarkan oleh koperasi lebih murah dari yang ditawarkan di toko-toko. Hal ini bertujuan agar barang dan jasa mampu dibeli para anggota koperasi yang kurang mampu.

C) Menumbuhkan motif berusaha yang berperikemanusiaan. Kegiatan koperasi tidak semata-mata mencari keuntungan tetapi melayani dengan baik keperluan anggotanya.

D) Menumbuhkan sikap jujur dan keterbukaan dalam pengelolaan koperasi. Setiap anggota berhak menjadi pengurus koperasi dan berhak mengetahui laporan keuangan koperasi.

E) Melatih masyarakat untuk menggunakan pendapatannya secara lebih efektif dan membiasakan untuk hidup hemat.





Manfaat Koperasi di Bidang Sosial
Di bidang sosial, koperasi mempunyai beberapa manfaat berikut ini.
a) Mendorong terwujudnya kehidupan masyarakat damai dan tenteram.
b) Mendorong terwujudnya aturan yang manusiawi yang dibangun tidak di atas hubungan
hubungan kebendaan tetapi di atas rasa kekeluargaan.
c) Mendidik anggota-anggotanya untuk memiliki semangat kerja sama dan semangat .

Banyak juga manfaat yang kita bisa ambil dalam koperasi ,sayang sekali bila kita tidak berkoperasi dari sekarang ,Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah saja terus mensosialisasikan koperasi dan sekarang tinggal kita untuk membuka diri terhadap koperasi, selain mempunyai banyak manfaat koperasi juga mempunyai kelebihan –kelebihan
Kelebihan koperasi di Indonesia
Hal-hal yang menjadi kelebihan koperasi di Indonesia adalah:
a. Bersifat terbuka dan sukarela.
b. Besarnya simpanan pokok dan simpanan wajib tidak memberatkan anggota.
c. Setiap anggota memiliki hak suara yang sama, bukan berdasarkan besarnya modal
d. Bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota dan bukan sematamata mencari keuntungan
karena sesuai dengan undang-undang no 25 tahun

Sudah terlihat jelas bahwa koperasi itu punya banyak sekali manfaat & kelebihannya tapi walau begitu koperasi masih punya kekurangan seperti koperasi sulit berkembang karena modal terbatas ,itu dikarenakan modal sendiri dari koperasi kurang yang disebabkan karena kurangnya anggota dari koperasi jadi marilah kita berkoperasi agar modal koperasi ,kita majukan koperasi di Indonesia karena koperasi itu bertujuan mensejahterakan masyarakat daripada meminjam dana untuk usaha dari rentenir(lintah darat) lebih baik kita menjadi anggota koperasi ,jadi ayo berkoperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar